Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan IKM

Banyak pelaku usaha, yang belum optimal dalam menjalankan bisnisnya. Yang terpenting bagi mereka adalah bisnisnya masih bisa berjalan dan memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi para pelaku UKM dalam menjalankan usahanya. Mari kita bahas bersama mengenai kiat sukses mengembangkan UKM.

Perkembangan teknologi dan pasar, ikut mengiringi laju pertumbuhan UKM di Indonesia saat ini. Setiap harinya muncul berbagai UKM baru yang cukup berpotensi, untuk ambil bagian meramaikan persaingan pasar. Namun yang masih disayangkan adalah, tidak semua UKM yang muncul bisa sukses menghadapi persaingan pasar.

Motivasi yang mendorong sebagian besar orang menjalankan usaha kecil menengah yaitu untuk memperoleh penghasilan ataupun keuntungan. Sehingga meningkatnya pertumbuhan UKM ternyata tidak diimbangi dengan perkembangannya. Banyak pelaku usaha, yang belum optimal dalam menjalankan bisnisnya. Yang terpenting bagi mereka adalah bisnisnya masih bisa berjalan dan memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Keadaan seperti itulah yang membuat beberapa UKM hanya jalan ditempat alias tidak berkembang, hingga akhirnya hilang begitu saja ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Padahal bila mereka mau mengelola usahanya dengan optimal, bukan tidak mungkin sebuah UKM dapat berkembang menjadi industri besar.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan motivasi bisnis para pelaku UKM dalam menjalankan usahanya. Mari kita bahas bersama mengenai beberapa kiat sukses mengembangkan UKM.

Pertama sebagai pelaku UKM, Anda harus menyadari bahwa yang menjadi pemimpin perusahaan adalah Anda. Oleh sebab itu, jadilah pemimpin yang baik bagi usaha Anda sendiri. Layaknya pimpinan perusahaan besar, Anda sebaiknya juga memiliki visi dan misi serta segala rencana yang menjadi target usaha Anda. Jangan hanya menjalankan usaha dengan mengalir, tanpa tujuan atau target ke depan yang jelas.

Kedua walaupun usaha Anda masih terbilang kecil, namun mulai sekarang belajarlah untuk mengelolanya secara profesional. Seperti halnya perusahaan besar, Anda juga memerlukan SDM yang membantu pelaksanaan usaha, sedangkan Anda selaku pimpinan bisa berkonsentrasi untuk merencanakan pengembangan usaha. Sehingga pembagian kerja lebih jelas, dan semuanya bisa terselesaikan lebih optimal.

Ketiga pisahkan keuangan usaha dengan uang keluarga, ini yang cukup sering dilupakan para pemilik UKM. Sebagian besar pelaku usaha mencampur adukan uang usaha dengan uang pribadi, tak heran jika kadang uang usaha ikut termakan untuk keperluan pribadi atau juga sebaliknya. Untuk menghindarinya, pisahkan uang usaha dan uang pribadi Anda. Dan buatlah pembukuan untuk mencatat semua alur kas usaha, agar pendapatan yang masuk dan dana yang dikeluarkan bisa tercatat dengan rapi.

Keempat salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis adalah strategi pemasaran, hal tersebut juga sangat diperlukan dalam mengembangkan usaha kecil menengah. Buatlah strategi untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat luas. Misalnya saja dengan mencari lokasi usaha yang strategis, membuat merek atau logo produk, memasarkannya melalui internet, atau mengikuti event-event promosi yang bisa memperluas peluang pasar Anda.

Kelima teruslah berinovasi untuk mengantisipasi persaingan pasar. Kondisi pasar yang terus berubah, secara tidak langsung menuntut Anda untuk selalu memberikan inovasi baru pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Ini dilakukan agar produk-produk tersebut tidak kalah bersaing dengan produk para pesaing. Bila perlu ciptakan produk yang unik dan belum ada di pasaran, untuk memenangkan persaingan pasar.

Keenam yang terakhir adalah melengkapi usaha Anda dengan badan hukum. Bagi Anda yang menciptakan produk baru, sebaiknya penemuan Anda dilengkapi dengan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual). Sehingga produk Anda terlindung dari kemungkinan duplikasi oleh pengusaha lain.

Meskipun saat ini Anda menjalankan usaha kecil, namun bukan berarti impian Anda untuk mengembangkan usaha juga harus kecil. Semoga dengan adanya informasi tips bisnis ini, bisa memberikan motivasi bagi para pembaca khususnya para pelaku UKM untuk selalu optimal dalam mengembangkan usahanya. Selalu ada kesuksesan, bila Anda mau berusaha mencapainya. Salam sukses.

Sumber : bisnisukm.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s